Selasa, 10 April 2012

Betita dan Media

A. Pengertian Berita

Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.
News (berita) mengandung kata new yang berarti baru. Secara singkat sebuah berita adalah sesuatu yang baru yang diketengahkan bagi khalayak pembaca atau pendengar. Dengan kata lain, news adalah apa yang surat kabar atau majalah cetak atau apa yang para penyiar beberkan.

Definisi berita menurut para ahli:
1.      Dean M. Lyle Spencer : Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar yang dapat menarik perhatian sebagian besar dari pembaca.
2.      Willard C. Bleyer : Berita adalah sesuatu yang termasa ( baru ) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar. Karena itu ia dapat menarik atau mempunyai makana bagi pembaca surat kabar, atau karena ika dapat menarik pembaca - pembaca tersebut.
3.      William S Maulsby : Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.
4.      Amak Syarifuddin : Berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.
Dari sekian definisi atau batasan tentang berita itu, pada prinsipnya ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dari definisi tersebut. Yakni: Laporan kejadian atau peristiwa atau pendapat yang menarik dan penting disajikan secepat mungkin kepada khalayak luas.

B. Kelebihan dan kelemahan media.

Seperti kita ketahui, media adalah suatu ‘alat’ yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia, adapun media terbagi beberapa jenis dan setiap jenisnya terdapat kekurangan dan kelebihan berikut macam-macam kedia beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Media Cetak (Koran, Majalah, dll).

Kelebihan :

  1. Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya.
  2. Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan :
  1. Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
  2. Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
  3. Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
  4. Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
2. Media Elektronik (Televisi dan Radio).
Kelebihan :
  1. Cepat, dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
  2. Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita.(khusus televisi)
  3. Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
Kekurangan :
  1. Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.
  2. Masyarakat pelosok desa masih ada yang belum bisa menyaksikannya khususnya media elektronik Televisi.
3. Media Online (Internet).
Kelebihan :
  1. Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
  2. Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
  3. Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
Kekurangan :
  1. Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
  2. Tidak semua masyarakat bisa menikmatinya.


3. Media Luar Ruang (Billboard, Poster, Sepanduk, dll)
Kelebihan :
1.      Relatif Murah karena bisa bertahan lama.
2.      Relatif fleksibel karena dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi yang dianggap paling tepat untuk suatu produk yang akan diiklankan.
3.      Mengingatkan produk secara terus-menerus bagi pengguna jalan yang melewatinya.
4.      Mengajak langsung membeli,bahkan dapat menarik setiap pengguna jalan. Dampak yang jauh adalah mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard.
Kekurangan :
1.      Pesan Terbatas,Karena waktu baca / penglihatan yang sekelebat, pesan-pesan pada media luar ruang dibuat sangat terbatas atau singkat.
2.      Tidak efektif bagi pengendara mobil.
3.      Sasaran Pengrusakan, media-media luar ruang rentan terhadap pengrusakan dari masyarakat yang tidak menyenangi adanya media iklan yang dipasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar