Kamis, 27 Juni 2013

RESUME MATAKULIAH SEJARAH PERADABAN ISLAM


Copy of IAINRESUME MATAKULIAH SEJARAH PERADABAN ISLAM







“Di susun guna memenuhi tugas individu matakuliah SPI MID semester”


Oleh:

IWAN ROSADI (09 51 1007)

PEMBIMBING:
Dra, Hj. Choriyah, M.hum

JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI RADEN FATAH
PALEMBANG
2010


A.    MASUKNYA ISLAM DI SEPANYOL.

Sepanyol diduduki islam pada zaman khalifah Al- Walid (705-715M), salah seorang khalifah Bani Umayah yang bang berkuasa di Damaskus. Sebelum menguasai sepanyol umat islam telah menguasai Afrika Utara itu terjadi di zaman khalifah Abdul Malik(685-705). Sebelum di kuasai dan di kalahkan oleh islam di kawasan ini terdapat kantung-kantung yang menjadi basis kekuasaan kerajaan romawi yaitu kerajaan Gothik. Kerajaan ini sering menghasut penduduk agar membuat kerusakan dan menentang kekuasaan islam.

Setelah kawasan ini benar-benar di kuasai oleh islam, umat islam mulai memusatkan perhatianya untuk menahlukan sepanyol. Dengan demikian Afrika utara menjadi batu loncatan bagi kaum muslim dalam menahlukan sepanyol. Dalam peruses menahlukan sepanyol terdapat tiga pahlawan islam yang di katakana paling berjasa yang memimpin satuan-satuan pasukan kesana , yaitu.
Ø  Tharif Ibn Malik
Ø  Thariq Ibn Ziyad
Ø  Musa Ibn Nushair

Tharif berperan sebagai penyelidk dan dan juga sebagai perintis, ia menyeberangi selat yang berada di antara meksiko dan benua eropaitu dengan satu pasukan perang, sedangkan Musa mengirim pasukan berjumlah 7000 orang untuk menyerang sepanyol di bawah pemimpin Thariq.
Perpecahan di negri Sepanyol sangat membantu keberhasilan campurtangan islamdi tahun 711 M. sementara itu juga adanya konflik antara Roderick dengan Ratu Julian mantan penguasaw wilayah septah. Julian juga bergabung dengan pasukan muslimin di Afrika Utara dan mendukung islam untuk menguasai Sepanyol. Dia bahkan memberikan pinjaman Empat kapal yang di pakai Tharif, Thariq dan Musa.
Adapun factor internal adalah, suatu kondisi dari dalam tubuh penguasa, tokoh-tokoh islam yang terlibat dalam penahlukan wilayah sepanyol pada khususnya. Para pemimpin yang kuat adalah tokoh-tokoh yang kuat, tentara yang kompak, bersatu, penuh percaya diri dll.

B.     BERKEMBANGNYA ISLAM DI SEPANYOL.

Perkembangan Islam di Sepanyol yang berlangsung lebih dari tujuh setengah abad. Islam memainkan peranan yang sangat besar. Sejarah panjang yang di lalui Umat Islam di Sepanyol ini dapat di bagi menjadi enam periode:
v  Periode pertama(711-755)
Dalam periode ini Sepanyol di bawah pimpinan para wali yang di agkat oleh Khalifah Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Dalam periode ini perbedaan politik sering terjadi perang saudara. Di Etnis Arab terjadi dua golongan yang terus bersaing yaitu suku Qaisy( Arab Utara) dan suku Yamani ( Arab Selatan).
v  Periode kedua(755-912 M)
Dalam periode ini Sepanyol berada di bawah pemerintahan yang di pimpin oleh orang yang bergelar Amir ( Panglima atau Gubernur). Amir pertama adalah Abdulrahman. 1. Yang memasuki sepanyol pada tahun 138 H/755M dan di beri gelar Al-Dakhil( yang masuk ke sepanyol). Dan ganguan yang palig serius datang dari umat islam sendiri. Golongan memberontak di Telode pada tahun 852 M. membentuk Negara kota yang berlangsung selama 80 th.
v  Periode ketiga (912-1013)
Periode ini di pimpin oleh Abd Al-Rahma III yang bergelar “An-Nasir”. Khlifah-khlifah yang memimpin pada periode ini ada tiga orang yaitu:
Ø  Abd Al-Rahman (912-961M)
Ø  Hakam II(961-976M)
Ø  Hisyam (976-1009M)
v  Periode keempat(1013-1386M)
Pada periode ini Sepanyol menjadi lebih dari 30 negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja atau golongan Al-mulukuth-thawif. Pada periode ini umat islam kembali memasuki pertikaen interen.
v  Periode kelima(1086-1248)
Dalam periodeini walaupun islam sepanyol terpecahtetapi terdapat kekuatan yang dominan. Dinasti Murabithun pada mulanya adalah gerakan agama yang didirikan oleh Yusuf ibn Tasyfin di Afrika Utara.
v  Periode keenem(1248-1492)
Pada periode ini islam hanya berkuasa di Granada. Di bawah dinasti Ahmar. Kekuasan islam di sepanyol berahir karena perselisihan-perselisihan orang istana memperebutkan kekuasaan. Dengan demikian berahir kekuasan islam di sepanyol pada tahun 1492.

C.     KEMAJUAN PERADABAN

Umat islam di Sepanyol telah mencapai kemajuan yang sangat gemilang, banyak prestasi, bahkan berpengaruh sampai ke Eropa hingga mengalami kemajuan. Kemajuan intelektual yang palig utama.
v  Kemajuan intelektual
Sepanyol adalah Negara yang subur , kesuburan itu mendatangkan penghasilan ekonomi ya ng sanggat tinggi dan pada giliranya banyak menghasilkan pemikir.
ü  Filsafat
Tokoh filsafat pertama adalah Abu Bakar Muhamad yang di kenal sebagai Bajja meningal pada tahun1138 meningal karena keracunan,
Tokoh Abu  bakar meningal pada tahun1185M ia banyak menulis tentang kedokteran, astronomi, dan filsafat.karya yang terkenal adalah Hay ibn Yaqzhan.
ü  Sains
Ilmu-ilmu kedokteran, music, matematika, astronomi, kimia dll. Abbas bin farnas yang menemukan kaca dari batu.
ü  Fiqih
Dalam fiqih sepanyol di kenal sebagai penganut mishap Maliki. Yang mengenalkkan adalah Ziyad ibn abd Al-Rahman.
ü  Music dan Kesenian
Dalam bidang music sepanyol islam mencapai kecermelanganya dengan tokoh Al-hasan ibn naïf. Yang di juluki Zaryab.
ü  Bahasa dan Sastera
Orang-orang yang mahir dalam bahasa arab;
Ø  Ibn sayyidih
Ø  Ibn Malik pengarang Alfiyah
Ø  Ibn Khhuruf
Ø  Ibn al-hajj
Ø  Ibn ali al Isybili dll.
v  Kemegahan bangunan fisik
Dalam perdagangan , jalan-jalan dan pasar di bangun, bidang pertanian , irigasi yang pertama kali di perkenalkan.
v  Factor-faktor pendorog kemajuan
Ø  Penguasa yang kuat dan berwibawah
Ø  Kesatuan umat islam.

D.   Bangsa mongol dan Dinasti Ilkhan

Dinasti Jengiskhan ini dikenal dengan dinasti Ilkhan, yaitu gelar yang diberikan kepada Hulagukhan. Daerah-daerah yang dikuasai dinasti ini adalah daerah yang terletak antara Asia kecil di barat dan India di timur.Kedatangannya ke dunia Islam diawali dengan ditaklukkannya wilayah-wilayah kerajaan Transoxania dan Khawarizm 1219 M; kerajaan Ghazna pada tahun 1221 M, Azarbaizan pada tahun 1223 M. dan Saljuk di Asia kecil pada tahun 1243 M.Serangan ke Baghdad dilakukan oleh Hulagukhan pada tahun 1258 M. Saat itu Khalipah Al Mu’tashim menolak untuk menyerah.
 Akhirnya kota Baghdad dikepung. Tanggal 10 Pebruari 1258 benteng benteng kota ini dapat ditembus dan Baghdad dihancurkan. Khalifah dan keluarganya serta sebagian besar dari penduduk dibunuh dengan dipancung secara bergiliran. Beberapa dari anggota keluarga Bani Abbas dapat melarikan diri, dan diantaranya ada yang ke Mesir dan menetap di sana. Kota Bagdad sendiri dihancurkan rata dengan tanah, sebagaimana kota-kota lain yang dilalui tentara Mongolia tersebut.Dari Bagdad pasukan Mongolia menyebrangi sungai Eufrat menuju Syria, kemudian melintasi Sinai. Pada tahun 1260 M. mereka berhasil menduduki Nablus dan Gaza. Begitu pula daerah-daerah lain yang dilaluinya dapat ditaklukkan kecuali Mesir. Tentara Kerajaan Mamalik yang saat itu sedang berkuasa di Mesir dapat memukul mundur pasukan Mongolia dalam sebuah pertempuran di ‘Ain Jalut tanggal 13 September 1260M.Demikianlah kondisi dunia arab, terutama Baghdad dan sebagian besar derah-daerah kerajan Islam lainnya dikuasi oleh bangsa Mongolia selama kurang lebih 85 tahun dibawah perintah dinasti Ilkhan, yang tentunya kehadiran mereka lebih banyak membawa kehancuran dan kemunduran dunia Islam.Dari sekian banyak penguasa dinasti Ilkhan ada yang peduli terhadap pembangunan kembali peradaban yang telah diahncurkannya itu. Diantaranya adalah Mahmud Ghazan (683-703 /1295-1304), raja Ilkhan pertama yang beragama Islam. Masing-masing pecahan saling memerangi . Akhirnya mereka semua ditaklukkan oleh Timur Lenk.

E.   Dinasti Timur Lenk

Kedatangan Timur Lenk ke dunia Islam tidak kurang membawa kehancuran , bahkan ia lebih kejam daripada Jengiskan atau Hulagukhan. Berbeda dengan Jengiskan atau Hulagukhan yang masih menganut kepercayaan Syamaniah, Timur Lenk ini sudah menganut agama “Islam.”Pada tanggal 10 April 1370 M. Timur Lenk memproklamirkan diri sebagai penguasa tunggal di Tranxosiana. Ia berencana untuk menaklukkan daerah-daerah yang pernah dikuasai oleh Jengiskhan. Ia berkata : “Sebagaiamana hanya ada satu Tuhan di alam ini , maka di bumi seharusnya hanya ada seorang raja.” Pada tahun 1381 M. ia menaklukkan Khurasan, terus ke Afganistan, Persia, Fars dan Kurdistan.
Di setiap negeri yang ditaklukkannya ia mengadakan pembantaian besar-besaran terhadap siapa saja yang menghalangi rencananya, misalnya:
Ø  Afganistan ia membangun menara yang disusun dari 2000 mayat yang dibalut dengan batu dan tanah liat;
Ø  Di Iran ia membangun menara dari 70000 kepala manusia yang sudah dipisahkan dari badannya;
Ø  Di India ia membantai lebih dari 80000 tawanan;
Ø  Di Sivas, Anatolia sekitar 4000 tentara Armenia dikubur hidup-hidup.
Ø  Pada tahun 1401 M. ia memasuki daerah Syria bagian utara. Tiga hari lamanya Aleppo dihancurleburkan. Kepala dari 20000 penduduk dibuat Pyramid setinggi 10 hasta dan kelilingnya 20 hasta dengan wajah mayat menghadap ke luar.
Ø  Baghdad, dan membantai 20000 penduduknya. Dari mayat-mayat tersebut ia membuat 120 menara sebagai tanda kemenangan

Ia berencana mengadakan invasi ke Cina, Namun di tengah perjalanan ia menderita sakit yang membawa kepada kematiannya pada usia 71 tahun. Tepatnya tahun 1404 M. dan mayatnya di bawa ke samarkhand.Sekalipun Timur Lenk ini terkenal sangat ganas dan kejam, tetapi ia sempat memperhatikan pengembangan Islam. Konon ia penganut Syi’ah yang ta’at dan menyukai tarekat Naqsyabandiyah. Dalam setiap perjalanannya ia selalu mengikutsertakan para ulama, sastrawan dan seniman. Ia sangat menghormati para ulama. Ketika ia berusaha menaklukkan Syria utara, ia menerima dengan hormat sejarawan terkenal, Ibnu Khaldun yang diutus Sulthan Faraj untuk membicarakan perdamaian. Kota Samarkhand diperkaya dengan bangunan-bangunan dan masdjid yang megah dan indah.

F.    Dinasti Mamaik di Mesir

Dinasti Ayyubiyah di Mesir berkuasa tahun 1169 sampai akhir abad ke-15 M. menggantikan dinasti Fatimiyah. Pendiri dinasti ini adalah Salahuddin. Ia menghapuskan sisa-sia Fatimiyah di Mesir yang bercorak Syi’i dan mengembalikannya ke faham sunni-ahlu sunnah wal jama’ah-. Reputasi Salahudin bersinar setelah sukses melawan tentara Salib dengan mempersatukan pasukan Turki, Kurdi dan Arab. Kota Yerussalem pada tahun 1187 kembali ke pangkuan Islam dari tangan tentara Salib yang telah menguasainya selama 80 tahun. Perselisihan intern keluarga Ayyubiyah setelah beliau wafat menyebabkan dinasti besar ini terpecah.

Walaupun kekuasaan Ayyubiyah berlangsung lama tapi tidak semua wilayah bisa ditaklukkan. Di Mesir mereka hanya menguasai sampai tahun 1252 dikalahkan pasukan Mamluk Bahri dan Aybark dinobatkan sebagai sultannya yang pertama tahun 1250.

Kaum Mamluk menguasai Mesir dan Syiria tahun 1250 – 1517. Dinasti Mamluk berjaya dalam menghadapi ekspansi Mongol ke arah barat. Pasukan dari timur yang telah membumihanguskan Baghdad dipukul mundur oleh Mamluk dibawah pimpinan Qutuz dan Babyras di ‘Aint Jalut tahun 1260 M. Mamluk juga dihormati oleh dunia Islam karena berhasil menghalau tentara Salib dari pantai Syro-Palestina, untuk kemudian mengembangkan kekuasaan ke arah barat hingga Cyrenaica, ke utara gunung Taurus, Mubia dan Massawa, dan ke selatan melindungi kota-kota suci di Arabia.
Satu-satunya penguasa Islam yang dapat memukul mundur tentara Mongolia (Hulagukhan) ialah tentara Mamalik yang saat itu sedang berkuasa di Mesir dibawah pimpinan Sulthan Baybars (1260-1277) sebagai Sulthan yang terbesar dan termasyhur serta dipandang sebagai pembangun hakiki dinasti Mamalik di Mesir. Dinasti Mamalik berkuasa sejak tahun 1250 M. menggantikan dinasti Al Ayyubi dan berakhir tahun 1517 M. Karena dapat menghalau tentara Hulagukhan, Mesir terhindar dari penghancuran, sebagaimana dialami di dunia Islam lain yang ditaklukkan oleh Hulagukhan.
Dinasti Mamalik ini mengalami kemajuan diberbagai bidang.
Ø  Dalam bidang ekonomi, ia membuka hubungan dagang dengan Perancis dan Italia, terutama setelah kejatuhan Baghdad oleh tentara Timur Lenk, membuat Kairo menjadi kota yang sangat penting yang menghubungkan jalur perdagangan antara Laut merah dan laut tengah dengan Eropah. Hasil pertanian juga meningkat.
Ø  Di bidang ilmu pengetahuan, Karena itu ilmu-ilmu banyak berkembang di Mesir, seperti sejarah, kedokteran,astronomi,matematika, dan ilmu agama.
Ø  Dalam ilmu sejarah tercatat nama-nama besar, seperti Ibnu Khalikan, Ibnu Taghribardi, dan Ibnu Khaldun.
Ø  Di bidang astronomi dikenal nama Nasir al-Din al –Tusi. Di bidang matematika Abu al Faraj al –‘Ibry. Dalam bidang kedokteran: Abu Hasan ‘Ali al-Nafis penemu susunan dan peredaran darah dalam paru-paru manusia, Abdul Mun’im al-Dimyathi seorang dokter hewan, dan al- Razi, perintis psykoterapi. Dalam bidang Opthalmologi dikenal nama Salah al-Din Ibnu Yusuf.
Ø  Bidang ilmu keagamaan, tersohor nama Ibnu Taimiyah, seorang pemikir reformis dalam Islam, al Sayuthi yang menguasai banyak ilmu keagamaan, Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Ilmu Hadits dan lain-lain.
Ø  Demikain pula dalam bidan arsitektur. Mereka membangun bangunan-bangunan yang megah seperti sekolah-sekolah, masjid-masjid, rumah sakit, museum, perpustakaan, villa-villa, kubah dan menara masjid.

Kerajaan Mamalik ini berakhir tahun 1517 disebabkan banyaknya panguasa yang bermoral rendah, suka berfoya-foya dan ditambah dengan datangnya musim kemarau panjang dan berjangkitnya wabah penyakit. Dilain pihak munculnya kekuatan baru, yaitu kerajaan Turki Usmani yang kemudia dapat memenangkan perang melawan tentara Mamalik . Kemudian Mesir ini dijadikan salahsatu propinsi kerajaan Usmani di Turki.
Dunia Islam mengalami kehancuran setelah Khalifah Abbasiyah di Bghdad runtuh, dan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar, yaitu: Usmani di Turki, Mughal di India dan Safawi di Persia.

G.    PENYEBAB KEMUNDURAN DAN KEHANCURAN
Ø  Beberapa penyebab kehancuran.
Ø  Konflik islam dengan keristen.
Ø  Tidak adanya idiologi pemersatu.
Ø  Kesulitan ekonomi.
Ø  Tidak jelasnya peralihan kekuasaan .
Ø  Keterpencilan .

SEJARAH ISLAM DI BAGI MENJADI TIGA PERIODE
v   Periode kelasik (650-1250) merupakan zaman kemajuan. Periode ini di bagi menjadi dua fase.
Ø  Fase ekspansi, integrasi, dan puncak kemajuan (650-1000M)
Ø  Fase disinterasi(1000-1250)
v  Periode pertengahan (1250-1800M) terdiri dari dua fase.
Ø  Fase kemunduran(1250-1500)
Ø  Fase tiga kerajan besar(1500-1800M)
v  Periode moderen (1800- sekarang) merupakan periode kebangkitan umat islam.

H.    KESULTANAN USMANI

Didirikan oleh Usman, putra artolog dari kabilah Oghuz di mongol. Awalnya datang ke turki intuk meminta suka politikkepada penguasa Seljuk dari serangan tentara mongol. Dinasti Usmani berbentuk kesultanan yang beribukota di Istanbul, turki. Berasal dari suku bangsa pengembara yang bermukim di wilayah asia tengah salah satunya suku kayi. Usman bergelar “ padisyah Al-Usman” di bawah kepemimpinanya. wilayah kesultanan semakin luas dengan menahlukan beberapa wilayah seperti Azmir (1327) Tharasyanli(1356) dll.
v  Pemerintahan dan militer.
Tingkatan palig tinggi dipegang oleh sultan , ke dua pedana mentri, ketiga gubernur, keempat bupati.
v  Pengetahuan dan budaya.
Terjadi alkulturasi dari berbagai Negara seiring dengan meluasnya wilayah, yaitu kebudayan Persia, Byzantium, dan Arab. Bangsa usmani mengampil etika dan tatakerama dari kebudayaan Persia.
v  Agama.
Munculnya dua aliran tarekat , yaitu Bestsyi yang banyak pengaruhnya di bidang militer. Mulawiyah yang banyak penggaruhnya di lingungan pejabat pemerintah.

I.       KERAJAAN SAFAWI
Didirikan oleh Syah Ismail pada tahun 907 H/1500M di tabzis, Persia (iran). Awalnya sebuah gerakan tarekan yang bernama Safawiah yang menjadi gerakan politik di pimpin oleh Syekh syarifuddin ishaq. Pada masa pemerintahan syeh Abbas(1588-1629) kerajaan syafawi mengalami puncak keemasan.
v  Ekonomi
Ekonomi di kendalikan langsung oleh pusat. Banyak memperkuat di bidang pertanian dan memperbanyak pengalihan tanah Negara menjadi tanah raja. Di bidang pertanian mengalami kemajuan yang sangat baik khususnya di daerah Bulan sabit yang subur.
v  Ilmu pengetahuan
Didirikan lembaga pendidikan syah oleh syah Abbas yaitu sekolah teknologi untuk lebih memantapkan aliran syiah.
v  Bangunan dan seni
Kantor, masjit, rumah sakit, jembatan raksasa dibangun dengan gaya arsistektur yang indah. Di bidang seni hasil kerajinan tangan , keramik, karpet, dan seni lukis.

J.      KERAJAAN MOGUL

Didirikan oleh Zahiruddin Babur (1482-1530 M)di india. Babur memerintah selama 30 th, setelah wafat di gantikan oleh putranya Humayun yang hanya memerintah selama 9 th karena kondisi dalam negri tidak aman dengan munculnya pemberontakan. Humayum meningal dan di gantikan oleh anaknya yang berusia 14 th. Urusan pemerintahan di serahkan kepada Bairam Khan. Ketika ia dewas ia memperluas wilayah dengan menahlukan daerah Chundar, Ghond, Orisa, dan Asingah.

K.    KEMUNDURAN KERAJAAN SAFAWI
Sebab-sebab kemunduran:
Ø  Perebutan kekuasaan
Ø  Perbedaan pendapat
Ø  Konflik berkepanjangan dengan kerajaan usmani
Ø  Berdirinya kerajan safawi yang beraliran syi`ah.
Ø  Karena pasukan yang di bentuk dari budak-budak(ghulam) yang di bentuk Abbas I tidak memiliki semangat perang yang tinggi seperti Qizilbash.dikarenakan tidak terlatih pendidikan rohani.

L.     KEMUNDURAN KERAJAAN MUNGAL
Sebab-sebabnya antara lain.
Ø  Kekuasan politik semakin merosot.
Ø  Perebutan kekuasan.
Ø  Ancaman dari  gerakan sparatis hindu di india mengancam.
Ø  Merosoynya moral dan hidup bermewah-mewahan.
Ø  Semua pemegang kekuasan pemerintah adalah orang-orang yang lemah.

M.   KEMUNDURAN KERAJAN USMANI
Fabtor penyebabnya adalah.

Ø  Wilayah kekuasan yang sangat luas.
Ø  Heterogenitas penduduk.
Ø  Kelemahan para penguasa.
Ø  Budaya PUGLI.
Ø  Pemberontakan tentara jenissari.
Ø  Merosotnta ekonomi
Ø  Terjadinya straknasi dalam lapangan ilmu dan teknologi.

N.    GERAKAN MODEREN ISLAM DI INDONESIA
1. SEBELUM KEMERDEKAAN
Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau abad ke tujuh sampai abad ke delapan masehi. Ini mungkin didasarkan kepada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun dileran dekat Surabaya bertahun 475 H atau 1082 M. Sedang menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudera Pasai dalam perjalanannya ke negeri Cina pada tahun 1345 M. Agama islam yang bermahzab Syafi’I telah mantap disana selama se abad, oleh karena itu berdasarkan bukti ini abad ke XIII di anggap sebagai awal masuknya agama islam ke Indonesia.
2. SESUDAH KEMERDEKAAN
1. Pra Kemerdekaan
Ajaran islam pada hakikatnya terlalu dinamis untuk dapat dijinakkan begitu saja. Berdasarkan pengalaman melawan penjajah yang tak mungkin dihadapi dengan perlawanan fisik, tetapi harus melalui pemikiran-pemikiran dan kekuatan organanisasi. Seperti :
- Budi Utomo (1908) - Taman Siswa (1922)
- Sarikat Islam (1911) - Nahdhatul Ulama (1926)
- Muhammadiyah (1912) - Partai Nasional Indonesia (1927)
- Partai Komunis Indonesia (1914)
Organisasi perbaharu terpenting dikalangan organisasi tersebut diatas, adalah Muhammadiyah yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan, dan Nadhatul Ulama yang dipelopori oleh K.H Hasyim Asy’ari
3. Pasca Kemerdekaan
Organisasi-organisasi yang muncul pada masa sebelum kemerdekaan masih tetap berkembang di masa kemerdekaan, seperti Muhammadiyah, Nadhatul Ulama, Masyumi dan lain lain. Namun ada gerakan-gerakan islam yang muncul sesudah tahun 1945 sampai akhir Orde Lama. Gerakan ini adalah DI/TII yang berusaha dengan kekerasan untuk merealisasikan cita-cita negara islam Indonesia.
O.    GERAKAN MODEREN ISLAM (asal usul dan perkembanganya)
Perubahan dalam islam merupakan jawaban yang di tujukan terhadap kerisis yang di hadapi umat islam pada masanya. Yang terpenting adalah gerakan wahabi(gerakan di bidang akidah). Katalistor terkenal dengan gerakan pembaharuan ini adalah jamaludin Al-Afghani(1897). Gerakan yang lahir di timur tengah ini memberikan pengaruh besar kepada kebangkitan islam di Indonesia.

P.     PERJUANGAN KEMERDEKAAN  UMAT ISLAM
v  Masa colonial belanda
Nasionalisme dalam pengertian politik. Baru muncul setelah H. sumanhudi menyerahkan tampuk pimpinan SDI pada bulan mei 1912 kepada HOS Tjokoamiroto yang mengubah nama dan organisasi.
v  Masa pendudukan jepang
Kemunduran progesif yang di alami partai-partai islam seakam mendapatkan dayanya kembali setelah jepang datang. Jepang berusaha mengakomodasi dua kekuatan islam dan nasionalis “selular” ketimbang pimpinan teradisional(maksutnya raja dan bangsawan lama). Bagi golongan nasionalis dibentuk lembaga-lembaga baru, seperti gerakan tiga A (Nippon pelindung, cahaya, pemimpin Asia)

Q.    ORGANISASI POLITIK DAN SOSIAL ISLAM DALAM SUASANA INDONESIA MERDEKA.
v  Masa Revolusi dan Demokerasi liberal.
Pada waktu demokerasi tanggal 17-08-1945 menjelang kemerdekan setelah jepang tidak dapat menghingari kekalahan dari tentara sekutu, BPUPKI di tingkatkan menjadi PPKI. Dalam suasana seperti ini M. Hatta dalam sidang PPKI setelah kemerdekaan berhasil dengan mudah menyakinkan angota bahwa hanya satu kontitusi “selular” yang mempunyai peluang untuk di terima oleh mayoritas masyarakat Indonesia.
v  Masa demokerasi terpimpin
Dalam bubarnya Masyuni, partai islam tinggal NU,PSII, dan PERTI. Partai-parti ini juga dengan partai-partai lain, mulai menyesuaikan diri dengan keinginan Suekarno yang tampaknya mendapat dukungan dari dua belah pihak yang bermusuhan, ABRI dan PKI.
v  Massa orde baru
Setelah orde baru hancur, orde baru memberikan harapan-harapan baru kepada kaum muslimin. Namun kekecewan baru muncul di masa orde ini. Meskipun komunis telah tumbang, rehabilitas masyumi partai islam berpengaruh yang di bubarkan oleh Soekarno tidak di perkenalkan.
v  Kebangkitan islam di masa orde baru
Meskipun umat islam merupakan 87 % penduduk Indonesia, ide Negara islam terus menerus dan kosisten. Bahkan partai islam, kecuali di awali pergerakan nasional mulai dari masa penjajahan hinga masa kemerdekaan. Kegiatan islam semakin berkembang bila di bandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya, terlihat dari fenomena yang sangat bisa di lihata adalah munculnya bangunan-bangunan baru islam: Masjid, Maderasah-Maderasah, Juga pesantren-Pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar