RESUME
MATAKULIAH SEJARAH PERADABAN ISLAM
“Di susun guna memenuhi tugas individu matakuliah SPI MID semester”
Oleh:
IWAN ROSADI (09 51 1007)
PEMBIMBING:
Dra, Hj. Choriyah, M.hum
JURUSAN KOMUNIKASI
PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGRI RADEN FATAH
2010
A.
MASUKNYA
ISLAM DI SEPANYOL.
Sepanyol diduduki islam pada zaman khalifah Al- Walid
(705-715M), salah seorang khalifah Bani Umayah yang bang berkuasa di Damaskus.
Sebelum menguasai sepanyol umat islam telah menguasai Afrika Utara itu terjadi
di zaman khalifah Abdul Malik(685-705). Sebelum di kuasai dan di kalahkan oleh
islam di kawasan ini terdapat kantung-kantung yang menjadi basis kekuasaan
kerajaan romawi yaitu kerajaan Gothik. Kerajaan ini sering menghasut penduduk
agar membuat kerusakan dan menentang kekuasaan islam.
Setelah kawasan ini benar-benar di kuasai oleh islam,
umat islam mulai memusatkan perhatianya untuk menahlukan sepanyol. Dengan
demikian Afrika utara menjadi batu loncatan bagi kaum muslim dalam menahlukan
sepanyol. Dalam peruses menahlukan sepanyol terdapat tiga pahlawan islam yang
di katakana paling berjasa yang memimpin satuan-satuan pasukan kesana , yaitu.
Ø Tharif Ibn Malik
Ø Thariq Ibn Ziyad
Ø Musa Ibn Nushair
Tharif berperan sebagai penyelidk dan dan juga sebagai
perintis, ia menyeberangi selat yang berada di antara meksiko dan benua
eropaitu dengan satu pasukan perang, sedangkan Musa mengirim pasukan berjumlah
7000 orang untuk menyerang sepanyol di bawah pemimpin Thariq.
Perpecahan di negri Sepanyol sangat membantu
keberhasilan campurtangan islamdi tahun 711 M. sementara itu juga adanya
konflik antara Roderick dengan Ratu Julian mantan penguasaw wilayah septah.
Julian juga bergabung dengan pasukan muslimin di Afrika Utara dan mendukung
islam untuk menguasai Sepanyol. Dia bahkan memberikan pinjaman Empat kapal yang
di pakai Tharif, Thariq dan Musa.
Adapun factor internal adalah, suatu kondisi dari dalam
tubuh penguasa, tokoh-tokoh islam yang terlibat dalam penahlukan wilayah
sepanyol pada khususnya. Para pemimpin yang
kuat adalah tokoh-tokoh yang kuat, tentara yang kompak, bersatu, penuh percaya
diri dll.
B.
BERKEMBANGNYA
ISLAM DI SEPANYOL.
Perkembangan Islam di Sepanyol yang berlangsung lebih
dari tujuh setengah abad. Islam memainkan peranan yang sangat besar. Sejarah
panjang yang di lalui Umat Islam di Sepanyol ini dapat di bagi menjadi enam
periode:
v Periode pertama(711-755)
Dalam periode ini
Sepanyol di bawah pimpinan para wali yang di agkat oleh Khalifah Bani Umayah
yang berpusat di Damaskus. Dalam periode ini perbedaan politik sering terjadi
perang saudara. Di Etnis Arab terjadi dua golongan yang terus bersaing yaitu
suku Qaisy( Arab Utara) dan suku Yamani ( Arab Selatan).
v Periode kedua(755-912 M)
Dalam periode ini
Sepanyol berada di bawah pemerintahan yang di pimpin oleh orang yang bergelar
Amir ( Panglima atau Gubernur). Amir pertama adalah Abdulrahman. 1. Yang
memasuki sepanyol pada tahun 138 H/755M dan di beri gelar Al-Dakhil( yang masuk
ke sepanyol). Dan ganguan yang palig serius datang dari umat islam sendiri.
Golongan memberontak di Telode pada tahun 852 M. membentuk Negara kota yang berlangsung
selama 80 th.
v Periode ketiga (912-1013)
Periode ini di
pimpin oleh Abd Al-Rahma III yang bergelar “An-Nasir”. Khlifah-khlifah yang
memimpin pada periode ini ada tiga orang yaitu:
Ø Abd Al-Rahman (912-961M)
Ø Hakam II(961-976M)
Ø Hisyam (976-1009M)
v Periode keempat(1013-1386M)
Pada periode ini
Sepanyol menjadi lebih dari 30 negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja
atau golongan Al-mulukuth-thawif. Pada periode ini umat islam kembali memasuki
pertikaen interen.
v Periode kelima(1086-1248)
Dalam periodeini
walaupun islam sepanyol terpecahtetapi terdapat kekuatan yang dominan. Dinasti
Murabithun pada mulanya adalah gerakan agama yang didirikan oleh Yusuf ibn
Tasyfin di Afrika Utara.
v Periode keenem(1248-1492)
Pada periode ini
islam hanya berkuasa di Granada .
Di bawah dinasti Ahmar. Kekuasan islam di sepanyol berahir karena
perselisihan-perselisihan orang istana memperebutkan kekuasaan. Dengan demikian
berahir kekuasan islam di sepanyol pada tahun 1492.
C.
KEMAJUAN
PERADABAN
Umat
islam di Sepanyol telah mencapai kemajuan yang sangat gemilang, banyak
prestasi, bahkan berpengaruh sampai ke Eropa hingga mengalami kemajuan.
Kemajuan intelektual yang palig utama.
v Kemajuan intelektual
Sepanyol adalah Negara yang subur , kesuburan itu mendatangkan
penghasilan ekonomi ya ng sanggat tinggi dan pada giliranya banyak menghasilkan
pemikir.
ü Filsafat
Tokoh filsafat
pertama adalah Abu Bakar Muhamad yang di kenal sebagai Bajja meningal pada
tahun1138 meningal karena keracunan,
Tokoh Abu bakar meningal pada tahun1185M ia banyak
menulis tentang kedokteran, astronomi, dan filsafat.karya yang terkenal adalah
Hay ibn Yaqzhan.
ü Sains
Ilmu-ilmu kedokteran, music, matematika, astronomi,
kimia dll. Abbas bin farnas yang menemukan kaca dari batu.
ü Fiqih
Dalam fiqih sepanyol
di kenal sebagai penganut mishap Maliki. Yang mengenalkkan adalah Ziyad ibn abd
Al-Rahman.
ü Music dan Kesenian
Dalam bidang music
sepanyol islam mencapai kecermelanganya dengan tokoh Al-hasan ibn naïf. Yang di
juluki Zaryab.
ü Bahasa dan Sastera
Orang-orang yang
mahir dalam bahasa arab;
Ø Ibn sayyidih
Ø Ibn Malik pengarang Alfiyah
Ø Ibn Khhuruf
Ø Ibn al-hajj
Ø Ibn ali al Isybili dll.
v Kemegahan bangunan fisik
Dalam perdagangan , jalan-jalan dan pasar di bangun, bidang
pertanian , irigasi yang pertama kali di perkenalkan.
v Factor-faktor pendorog kemajuan
Ø Penguasa yang kuat dan berwibawah
Ø Kesatuan umat islam.
D.
Bangsa mongol dan Dinasti
Ilkhan
Dinasti
Jengiskhan ini dikenal dengan dinasti
Ilkhan, yaitu gelar yang diberikan kepada Hulagukhan. Daerah-daerah yang
dikuasai dinasti ini adalah daerah yang terletak antara Asia kecil di barat dan
India di timur.Kedatangannya ke dunia Islam diawali dengan ditaklukkannya
wilayah-wilayah kerajaan Transoxania dan Khawarizm 1219 M; kerajaan Ghazna pada
tahun 1221 M, Azarbaizan pada tahun 1223 M. dan Saljuk di Asia kecil pada tahun
1243 M.Serangan ke Baghdad dilakukan oleh Hulagukhan pada tahun 1258 M. Saat
itu Khalipah Al Mu’tashim menolak untuk menyerah.
Akhirnya kota Baghdad dikepung. Tanggal 10
Pebruari 1258 benteng benteng kota ini dapat ditembus dan Baghdad dihancurkan.
Khalifah
dan keluarganya serta sebagian besar dari penduduk dibunuh dengan dipancung
secara bergiliran. Beberapa dari anggota keluarga Bani Abbas dapat melarikan
diri, dan diantaranya ada yang ke Mesir dan menetap di sana. Kota Bagdad
sendiri dihancurkan rata dengan tanah, sebagaimana kota-kota lain yang dilalui
tentara Mongolia tersebut.Dari Bagdad pasukan Mongolia menyebrangi sungai Eufrat
menuju Syria, kemudian melintasi Sinai. Pada tahun 1260 M. mereka berhasil
menduduki Nablus dan Gaza. Begitu pula daerah-daerah lain yang dilaluinya dapat
ditaklukkan kecuali Mesir. Tentara Kerajaan Mamalik yang saat itu sedang
berkuasa di Mesir dapat memukul mundur pasukan Mongolia dalam sebuah
pertempuran di ‘Ain Jalut tanggal 13 September 1260M.Demikianlah kondisi dunia
arab, terutama Baghdad dan sebagian besar derah-daerah kerajan Islam lainnya
dikuasi oleh bangsa Mongolia selama kurang lebih 85 tahun dibawah perintah
dinasti Ilkhan, yang tentunya kehadiran mereka lebih banyak membawa kehancuran
dan kemunduran dunia Islam.Dari sekian banyak penguasa dinasti Ilkhan ada yang
peduli terhadap pembangunan kembali peradaban yang telah diahncurkannya itu.
Diantaranya adalah Mahmud Ghazan (683-703 /1295-1304), raja Ilkhan pertama yang
beragama Islam. Masing-masing pecahan saling memerangi . Akhirnya mereka semua
ditaklukkan oleh Timur Lenk.
E.
Dinasti
Timur Lenk
Kedatangan
Timur Lenk ke dunia Islam tidak kurang membawa kehancuran , bahkan ia lebih
kejam daripada Jengiskan atau Hulagukhan. Berbeda dengan Jengiskan atau
Hulagukhan yang masih menganut kepercayaan Syamaniah, Timur Lenk ini sudah
menganut agama “Islam.”Pada tanggal 10 April 1370 M. Timur Lenk memproklamirkan
diri sebagai penguasa tunggal di Tranxosiana. Ia berencana untuk menaklukkan
daerah-daerah yang pernah dikuasai oleh Jengiskhan. Ia berkata : “Sebagaiamana
hanya ada satu Tuhan di alam ini , maka di bumi seharusnya hanya ada seorang
raja.” Pada
tahun 1381 M. ia menaklukkan Khurasan, terus ke Afganistan, Persia, Fars dan
Kurdistan.
Di
setiap negeri yang ditaklukkannya ia mengadakan pembantaian besar-besaran
terhadap siapa saja yang menghalangi rencananya, misalnya:
Ø Afganistan
ia membangun menara yang disusun dari 2000 mayat yang dibalut dengan batu dan
tanah liat;
Ø Di
Iran ia membangun menara dari 70000 kepala manusia yang sudah dipisahkan dari
badannya;
Ø Di
India ia membantai lebih dari 80000 tawanan;
Ø Di
Sivas, Anatolia sekitar 4000 tentara Armenia dikubur hidup-hidup.
Ø Pada
tahun 1401 M. ia memasuki daerah Syria bagian utara. Tiga hari lamanya Aleppo
dihancurleburkan. Kepala dari 20000 penduduk dibuat Pyramid setinggi 10 hasta
dan kelilingnya 20 hasta dengan wajah mayat menghadap ke luar.
Ø Baghdad,
dan membantai 20000 penduduknya. Dari mayat-mayat tersebut ia membuat 120
menara sebagai tanda kemenangan
Ia
berencana mengadakan invasi ke Cina, Namun di tengah perjalanan ia menderita
sakit yang membawa kepada kematiannya pada usia 71 tahun. Tepatnya tahun 1404
M. dan mayatnya di bawa ke samarkhand.Sekalipun Timur Lenk ini terkenal sangat
ganas dan kejam, tetapi ia sempat memperhatikan pengembangan Islam. Konon ia
penganut Syi’ah yang ta’at dan menyukai tarekat Naqsyabandiyah. Dalam setiap
perjalanannya ia selalu mengikutsertakan para ulama, sastrawan dan seniman. Ia
sangat menghormati para ulama. Ketika ia berusaha menaklukkan Syria utara, ia
menerima dengan hormat sejarawan terkenal, Ibnu Khaldun yang diutus Sulthan
Faraj untuk membicarakan perdamaian. Kota Samarkhand diperkaya dengan
bangunan-bangunan dan masdjid yang megah dan indah.
F. Dinasti
Mamaik
di Mesir
Dinasti
Ayyubiyah di Mesir berkuasa tahun 1169 sampai akhir abad ke-15 M. menggantikan
dinasti Fatimiyah. Pendiri dinasti ini adalah Salahuddin. Ia menghapuskan
sisa-sia Fatimiyah di Mesir yang bercorak Syi’i dan mengembalikannya ke faham
sunni-ahlu sunnah wal jama’ah-. Reputasi Salahudin bersinar setelah sukses
melawan tentara Salib dengan mempersatukan pasukan Turki, Kurdi dan Arab. Kota
Yerussalem pada tahun 1187 kembali ke pangkuan Islam dari tangan tentara Salib
yang telah menguasainya selama 80 tahun. Perselisihan intern keluarga Ayyubiyah
setelah beliau wafat menyebabkan dinasti besar ini terpecah.
Walaupun
kekuasaan Ayyubiyah berlangsung lama tapi tidak semua wilayah bisa ditaklukkan.
Di Mesir mereka hanya menguasai sampai tahun 1252 dikalahkan pasukan Mamluk
Bahri dan Aybark dinobatkan sebagai sultannya yang pertama tahun 1250.
Kaum
Mamluk menguasai Mesir dan Syiria tahun 1250 – 1517. Dinasti Mamluk berjaya
dalam menghadapi ekspansi Mongol ke arah barat. Pasukan dari timur yang telah
membumihanguskan Baghdad dipukul mundur oleh Mamluk dibawah pimpinan Qutuz dan
Babyras di ‘Aint Jalut tahun 1260 M. Mamluk juga dihormati oleh dunia Islam
karena berhasil menghalau tentara Salib dari pantai Syro-Palestina, untuk
kemudian mengembangkan kekuasaan ke arah barat hingga Cyrenaica, ke utara
gunung Taurus, Mubia dan Massawa, dan ke selatan melindungi kota-kota suci di
Arabia.
Satu-satunya
penguasa Islam yang dapat memukul mundur tentara Mongolia (Hulagukhan) ialah
tentara Mamalik yang saat itu sedang berkuasa di Mesir dibawah pimpinan Sulthan
Baybars (1260-1277) sebagai Sulthan yang terbesar dan termasyhur serta
dipandang sebagai pembangun hakiki dinasti Mamalik di Mesir. Dinasti Mamalik
berkuasa sejak tahun 1250 M. menggantikan dinasti Al Ayyubi dan berakhir tahun
1517 M. Karena dapat menghalau tentara Hulagukhan, Mesir terhindar dari
penghancuran, sebagaimana dialami di dunia Islam lain yang ditaklukkan oleh
Hulagukhan.
Dinasti
Mamalik ini mengalami kemajuan diberbagai bidang.
Ø
Dalam bidang
ekonomi, ia membuka hubungan dagang dengan Perancis dan Italia, terutama
setelah kejatuhan Baghdad oleh tentara Timur Lenk, membuat Kairo menjadi kota
yang sangat penting yang menghubungkan jalur perdagangan antara Laut merah dan
laut tengah dengan Eropah. Hasil pertanian juga meningkat.
Ø
Di bidang ilmu
pengetahuan, Karena itu ilmu-ilmu banyak berkembang di Mesir, seperti sejarah,
kedokteran,astronomi,matematika, dan ilmu agama.
Ø
Dalam ilmu
sejarah tercatat nama-nama besar, seperti Ibnu Khalikan, Ibnu Taghribardi, dan
Ibnu Khaldun.
Ø
Di bidang
astronomi dikenal nama Nasir al-Din al –Tusi. Di bidang matematika Abu al Faraj
al –‘Ibry. Dalam bidang kedokteran: Abu Hasan ‘Ali al-Nafis penemu susunan dan
peredaran darah dalam paru-paru manusia, Abdul Mun’im al-Dimyathi seorang
dokter hewan, dan al- Razi, perintis psykoterapi. Dalam bidang Opthalmologi
dikenal nama Salah al-Din Ibnu Yusuf.
Ø
Bidang ilmu keagamaan, tersohor nama
Ibnu Taimiyah, seorang pemikir reformis dalam Islam, al Sayuthi yang menguasai
banyak ilmu keagamaan, Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Ilmu Hadits dan lain-lain.
Ø
Demikain pula
dalam bidan arsitektur. Mereka membangun bangunan-bangunan yang megah seperti
sekolah-sekolah, masjid-masjid, rumah sakit, museum, perpustakaan, villa-villa,
kubah dan menara masjid.
Kerajaan
Mamalik ini berakhir tahun 1517 disebabkan banyaknya panguasa yang bermoral
rendah, suka berfoya-foya dan ditambah dengan datangnya musim kemarau panjang
dan berjangkitnya wabah penyakit. Dilain pihak munculnya kekuatan baru, yaitu
kerajaan Turki Usmani yang kemudia dapat memenangkan perang melawan tentara
Mamalik . Kemudian Mesir ini dijadikan salahsatu propinsi kerajaan Usmani di
Turki.
Dunia Islam mengalami
kehancuran setelah Khalifah Abbasiyah di Bghdad runtuh, dan baru mengalami
kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar, yaitu:
Usmani di Turki, Mughal di India dan Safawi di Persia.
G.
PENYEBAB
KEMUNDURAN DAN KEHANCURAN
Ø Beberapa penyebab kehancuran.
Ø Konflik islam dengan keristen.
Ø Tidak adanya idiologi pemersatu.
Ø Kesulitan ekonomi.
Ø Tidak jelasnya peralihan kekuasaan .
Ø Keterpencilan .
SEJARAH ISLAM DI BAGI MENJADI TIGA PERIODE
v Periode
kelasik (650-1250) merupakan zaman kemajuan. Periode ini di bagi menjadi dua
fase.
Ø Fase ekspansi, integrasi, dan puncak kemajuan
(650-1000M)
Ø Fase disinterasi(1000-1250)
v Periode pertengahan (1250-1800M) terdiri dari
dua fase.
Ø Fase kemunduran(1250-1500)
Ø Fase tiga kerajan besar(1500-1800M)
v Periode moderen (1800- sekarang) merupakan
periode kebangkitan umat islam.
H.
KESULTANAN
USMANI
Didirikan
oleh Usman, putra artolog dari kabilah Oghuz di mongol. Awalnya datang ke turki
intuk meminta suka politikkepada penguasa Seljuk dari serangan tentara mongol. Dinasti
Usmani berbentuk kesultanan yang beribukota di Istanbul , turki. Berasal dari suku bangsa
pengembara yang bermukim di wilayah asia
tengah salah satunya suku kayi. Usman bergelar “ padisyah Al-Usman” di bawah
kepemimpinanya. wilayah kesultanan semakin luas dengan menahlukan beberapa
wilayah seperti Azmir (1327) Tharasyanli(1356) dll.
v Pemerintahan dan militer.
Tingkatan palig tinggi dipegang oleh sultan , ke dua
pedana mentri, ketiga gubernur, keempat bupati.
v Pengetahuan dan budaya.
Terjadi alkulturasi dari berbagai Negara seiring dengan
meluasnya wilayah, yaitu kebudayan Persia , Byzantium , dan Arab. Bangsa usmani mengampil
etika dan tatakerama dari kebudayaan Persia .
v Agama.
Munculnya dua aliran tarekat , yaitu Bestsyi yang banyak
pengaruhnya di bidang militer. Mulawiyah yang banyak penggaruhnya di lingungan
pejabat pemerintah.
I.
KERAJAAN
SAFAWI
Didirikan
oleh Syah Ismail pada tahun 907 H/1500M di tabzis, Persia (iran ). Awalnya sebuah gerakan
tarekan yang bernama Safawiah yang menjadi gerakan politik di pimpin oleh Syekh
syarifuddin ishaq. Pada masa pemerintahan syeh Abbas(1588-1629) kerajaan
syafawi mengalami puncak keemasan.
v Ekonomi
Ekonomi di
kendalikan langsung oleh pusat. Banyak memperkuat di bidang pertanian dan
memperbanyak pengalihan tanah Negara menjadi tanah raja. Di bidang pertanian
mengalami kemajuan yang sangat baik khususnya di daerah Bulan sabit yang subur.
v Ilmu pengetahuan
Didirikan lembaga
pendidikan syah oleh syah Abbas yaitu sekolah teknologi untuk lebih memantapkan
aliran syiah.
v Bangunan dan seni
Kantor, masjit,
rumah sakit, jembatan raksasa dibangun dengan gaya arsistektur yang indah. Di bidang seni
hasil kerajinan tangan , keramik, karpet, dan seni lukis.
J.
KERAJAAN
MOGUL
Didirikan
oleh Zahiruddin Babur (1482-1530 M)di india . Babur memerintah selama 30
th, setelah wafat di gantikan oleh putranya Humayun yang hanya memerintah
selama 9 th karena kondisi dalam negri tidak aman dengan munculnya
pemberontakan. Humayum meningal dan di gantikan oleh anaknya yang berusia 14
th. Urusan pemerintahan di serahkan kepada Bairam Khan. Ketika ia dewas ia
memperluas wilayah dengan menahlukan daerah Chundar, Ghond, Orisa, dan Asingah.
K.
KEMUNDURAN
KERAJAAN SAFAWI
Sebab-sebab
kemunduran:
Ø
Perebutan
kekuasaan
Ø
Perbedaan
pendapat
Ø
Konflik
berkepanjangan dengan kerajaan usmani
Ø
Berdirinya
kerajan safawi yang beraliran syi`ah.
Ø
Karena
pasukan yang di bentuk dari budak-budak(ghulam) yang di bentuk Abbas I tidak
memiliki semangat perang yang tinggi seperti Qizilbash.dikarenakan tidak
terlatih pendidikan rohani.
L.
KEMUNDURAN
KERAJAAN MUNGAL
Sebab-sebabnya
antara lain.
Ø Kekuasan politik semakin merosot.
Ø Perebutan kekuasan.
Ø Ancaman dari
gerakan sparatis hindu di india mengancam.
Ø Merosoynya moral dan hidup bermewah-mewahan.
Ø Semua pemegang kekuasan pemerintah adalah
orang-orang yang lemah.
M.
KEMUNDURAN
KERAJAN USMANI
Fabtor penyebabnya adalah.
Ø Wilayah kekuasan yang sangat luas.
Ø Heterogenitas penduduk.
Ø Kelemahan para penguasa.
Ø Budaya PUGLI.
Ø Pemberontakan tentara jenissari.
Ø Merosotnta ekonomi
Ø Terjadinya straknasi dalam lapangan ilmu dan
teknologi.
N.
GERAKAN
MODEREN ISLAM DI INDONESIA
1. SEBELUM KEMERDEKAAN
Islam
masuk ke Indonesia
pada abad pertama hijriyah atau abad ke tujuh sampai abad ke delapan masehi.
Ini mungkin didasarkan kepada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang
bernama Fatimah binti Maimun dileran dekat Surabaya bertahun 475 H atau 1082 M.
Sedang menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi
Samudera Pasai dalam perjalanannya ke negeri Cina pada tahun 1345 M. Agama
islam yang bermahzab Syafi’I telah mantap disana selama se abad, oleh karena
itu berdasarkan bukti ini abad ke XIII di anggap sebagai awal masuknya agama
islam ke Indonesia.
2. SESUDAH KEMERDEKAAN
1. Pra Kemerdekaan
Ajaran
islam pada hakikatnya terlalu dinamis untuk dapat dijinakkan begitu saja.
Berdasarkan pengalaman melawan penjajah yang tak mungkin dihadapi dengan
perlawanan fisik, tetapi harus melalui pemikiran-pemikiran dan kekuatan
organanisasi. Seperti :
-
Budi Utomo (1908) - Taman Siswa (1922)
-
Sarikat Islam (1911) - Nahdhatul Ulama (1926)
-
Muhammadiyah (1912) - Partai Nasional Indonesia (1927)
-
Partai Komunis Indonesia
(1914)
Organisasi perbaharu terpenting dikalangan
organisasi tersebut diatas, adalah Muhammadiyah
yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan, dan Nadhatul Ulama yang dipelopori
oleh K.H Hasyim Asy’ari
3. Pasca Kemerdekaan
Organisasi-organisasi
yang muncul pada masa sebelum kemerdekaan masih tetap berkembang di masa
kemerdekaan, seperti Muhammadiyah, Nadhatul Ulama, Masyumi dan lain lain. Namun
ada gerakan-gerakan islam yang muncul sesudah tahun 1945 sampai akhir Orde
Lama. Gerakan ini adalah DI/TII yang berusaha dengan kekerasan untuk
merealisasikan cita-cita negara islam Indonesia .
O.
GERAKAN
MODEREN ISLAM (asal usul dan perkembanganya)
Perubahan dalam islam merupakan jawaban yang di tujukan terhadap
kerisis yang di hadapi umat islam pada masanya. Yang terpenting adalah gerakan
wahabi(gerakan di bidang akidah). Katalistor terkenal dengan gerakan
pembaharuan ini adalah jamaludin Al-Afghani(1897). Gerakan yang lahir di timur
tengah ini memberikan pengaruh besar kepada kebangkitan islam di Indonesia .
P.
PERJUANGAN
KEMERDEKAAN UMAT ISLAM
v
Masa
colonial belanda
Nasionalisme dalam pengertian politik. Baru
muncul setelah H. sumanhudi menyerahkan tampuk pimpinan SDI pada bulan mei 1912
kepada HOS Tjokoamiroto yang mengubah nama dan organisasi.
v
Masa
pendudukan jepang
Kemunduran progesif yang di alami
partai-partai islam seakam mendapatkan dayanya kembali setelah jepang datang.
Jepang berusaha mengakomodasi dua kekuatan islam dan nasionalis “selular”
ketimbang pimpinan teradisional(maksutnya raja dan bangsawan lama). Bagi
golongan nasionalis dibentuk lembaga-lembaga baru, seperti gerakan tiga A (Nippon pelindung, cahaya, pemimpin Asia )
Q.
ORGANISASI
POLITIK DAN SOSIAL ISLAM DALAM SUASANA INDONESIA MERDEKA.
v
Masa
Revolusi dan Demokerasi liberal.
Pada waktu demokerasi tanggal 17-08-1945 menjelang
kemerdekan setelah jepang tidak dapat menghingari kekalahan dari tentara
sekutu, BPUPKI di tingkatkan menjadi PPKI. Dalam suasana seperti ini M. Hatta
dalam sidang PPKI setelah kemerdekaan berhasil dengan mudah menyakinkan angota
bahwa hanya satu kontitusi “selular” yang mempunyai peluang untuk di terima
oleh mayoritas masyarakat Indonesia.
v
Masa
demokerasi terpimpin
Dalam bubarnya Masyuni, partai islam tinggal
NU,PSII, dan PERTI. Partai-parti ini juga dengan partai-partai lain, mulai
menyesuaikan diri dengan keinginan Suekarno yang tampaknya mendapat dukungan
dari dua belah pihak yang bermusuhan, ABRI dan PKI.
v
Massa orde baru
Setelah orde baru hancur, orde baru
memberikan harapan-harapan baru kepada kaum muslimin. Namun kekecewan baru
muncul di masa orde ini. Meskipun komunis telah tumbang, rehabilitas masyumi
partai islam berpengaruh yang di bubarkan oleh Soekarno tidak di perkenalkan.
v
Kebangkitan
islam di masa orde baru
Meskipun umat islam merupakan 87 % penduduk Indonesia , ide
Negara islam terus menerus dan kosisten. Bahkan partai islam, kecuali di awali
pergerakan nasional mulai dari masa penjajahan hinga masa kemerdekaan. Kegiatan
islam semakin berkembang bila di bandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya,
terlihat dari fenomena yang sangat bisa di lihata adalah munculnya
bangunan-bangunan baru islam: Masjid, Maderasah-Maderasah, Juga
pesantren-Pesantren.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar