Rabu, 15 Mei 2013

Menulis Sumber Rizki


Oleh: Iwan Rosadi (One)
 Akal orang-orang mulia terletak pada ujung-ujung penanya” (Ali bin abi tholib), sebait kata mutiara yang disampekan Ali bin abi tholib tersebut mungkin bisa menambah semangat kita semua untuk menuangkan ide dan fikiran kita semua dalam bentuk tulisan baik yang bersifat hiburan maupun informasi sehingga bisa berguna bagi orang lain.
Tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua dengan istilah menulis. menulis hampir setiap orang agaknya pernah melakukan aktifitas menulis. Misalnya menulis memo, surat, opini, cerpen, Artikel, naskah buku dan lain-lain. Jadi banyak sekali bentuk-bentuk tulisan dari yang sifatnya ringan dan sederhana sampai yang luas dan mendalam.
Menulis secara garis besar adalah upaya mengekspresikan apa yang di lihat, di alami, dirasakan, dipikirkan dalam bentuk bahasa tulisan. Jelas kemampuan menulis seseorang sangat berlainan, menulis bisa diibaratkan seperti pisau semakin seting di asah maka semakin tajam pula  maksudnya semakin sering kita menulis maka akan semakin pandai kita menuturkan ide maupun gagasan dalam bentuk tulisan.
Akhmad Sudrajat membagi kemampuan seseorang menjadi dua jenis. Pertama Actual ability atau kecakapan nyata merupakan kecakapan yang diperoleh karena belajar yang dapat segera didemonstrasikan atau diuji sekarang. Kedua Potential ability atau kecakapan potensial merupakan aspek kecakapan yang masih terkandung dalam diri individu dan diperoleh dari faktor keturunan.
Lebih lanjut menurut Robbins dalam menyatakan bahwa kemampuan seseorang terdiri dari dua faktor, Pertama kemampuan intelektual (intelectual ability), merupakan kemampuan melakukan aktivitas secara mental. Kedua kemampuan fisik (physical intellectual), merupakan kemampuan melakukan aktivitas berdasarkan stamina, kekuatan, dan karakteristik fisik.
Dengan kemampuan yang di miliki tersebut seseorang bisa memanfaatkan untuk semua hal, bekerja, berfikir, menulis dan lain sebagainya, semua bisa dilakukan sesuai dengan kemampuannya dalam berkarya.
Banyak sekali manfaat dari menulis, Pertama dari sudut pandnag agama Islam dengan menulis maka kita akan dimulyakan hal ini di jelaskan dalam Surat Al 'Alaq menerangkan bahwa “Allah menciptakan manusia dari benda yang hina kemudian memuliakannya dengan mengajar membaca,menulis dan memberinya pengetahuan”.
Kedua, Memberikan hiburan kepada diri sendiri maupun orang lain, menulis bisa memberikan hiburan kepada diri sendiri dengan menulis maka kita bebes megunggkapkan segala sesuatu yang kita rasakan yang ada dalam jiwa dan otak ini  selain itu dengan tulisan yang kita susun misalnya dalam bentuk Cerpen dan Fiature bisa memberikan hiburan yang menarik kepada pembaca.
Ketiga, menulis bisa mencerdaskan diri sendiri dan pembaca, selain memberikan nuansa hiburan menulis juga bisa mencerdaskan, dengan kita sering menulis maka kita semakin banyak tahu karena apa yang kita tulis tentunya sesuai yang kita dapatkan baik dari membaca, melihat, mendengar, meraba dan lain sebagainya, selain itu tulisan yang kita tuangkan bisa di baca orang lain sehingga informasi yang termuat dalam tulisan kita bisa bisa mejadi informasi yang sanggat bermanfaat bagi pembaca atau masyarakat.
Keempat, menulis bisa mendatangkan Rezeki, selain menghibur dan mencerdaskan, menulis juga bisa mendatangkan rezeki. Contoh kecilnya di masa sekarang banyak penulis yang hidup dengan tulisanya, misalnya pegawai media yang sering kita sebut wartawan, karena berita yang di tulisnya mereka bisa menjadi orang terkenal, mengetahui informasi lebih dulu, bisa memberikan informasi kepada masyarakat dan tidak kalah pentingnya mereka juga bisa mendapatkan materi  yang menjanjikan.
Selain para pekerja media sudah banyak penulis-penulis handal yang bisa kita jadikan contoh yang hidup dengan menulis, misalnya penulis naskah cerita filem terkenal Laskar pelangi yaitu Andrea Hirata, sastrawan Cariril Anwar, dan Soe hok gie. Soe hok gie adalah penulis yang pada awalnya hanya menulis buku harian dan sekarang menjadi salah satu penulis ternama, mereka hidup dan berkarya dengan penanya sehingga mereka bisa menjadi orang terkenal dan dengan tulisanya mereka bisa mendapatkan materi yang menjanjikan.
Maka dari itu menulis merupakan hal positif yang bisa dilakukan tanpa harus menmikirkan siapa kita dan apa pendidikan kita, menulis merupakan pekerjaan merakyat yang semua orang bisa melakukannya, maka dari itu kita budayakan menulis karena dengan menulis, kita bisa di kenal khalayak luas, dengan menulis kita bisa mandiri, dengan menulis maka akal, budi, hati nurani, dan jiwa kita bisa menari secara bebas, dengan menulis kita bisa cerdas dan mencerdaskan orang lain dan menulis merupakan pekerjaan yang bisa menghasilkan materi yang menjanjikan di masa sekarang ini maka bisa di katakan menulias adalah salah satu sember rezeki.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar