Pembahasan
A. Pengertian
Media Public Relation.
Sebelum
membahas pengertian media publick Relation sebaiknya kita ketahui terlebih
dahulu apa itu media, Media merupakan bentuk jamak dari medium, dalam ilmu
komunikasi media diartikan sebagai: saluran, sarana penghubung, alat-alat
komunikasi.[1] Media merupakan saluran
penyampaian pesan dalam komunikasi antarmanusia. Menurut McLuhan, media massa
adalah perpanjangan alat indra kita.
Melalui media
massa kita memperoleh informasi tentang benda, orang, atau tempat yang tidak
kita alami secara langsung. Media massa bekerja untuk menyampaikan informasi.
Untuk khalayak informasi itu dapat membentuk, mempertahankan atau
mendefinisikan citra. Sedangkan media publik relation adalah berbagai macam
sarana penghubung yang di gunakan seorang public relation dengan publicnya,
yaitu public internal maupun ekternal untuk membantu pencapai tujuan.
Yosal
Iriantara mengartikan Media Relations merupakan bagian dari Public Relations
eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa
sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publik untuk mencapai tujuan
organisasi.[2]
B. Macam-macam
media Public Relation.
Untuk mendukung mendukung kegiatan
Public relation maka di butuhkan media, media yang bisa digunakan adalah:[3]
a) Media
cetak. Adalah suatu media yang
penyajian pesanya tercetak, misalnya, hous jurnal, majalah, surat kabar
(koran).
b) Media
elektronik, media elektronik
seperti Audio (Radio) dan Audio Visual (Televisi).
a.
Radio.
Media komunikasi
Radio atau yang biasa di sebut media Audio merupakan media utama informasi,
hiburan dan pendidikan masa yang sangat populer. Selama 60 tahun lebih radio
menduduki peran utama sebagai media komunikasi.
b.
Televisi.
Televisi merupakan
suatu media komunikasi yang sering di sebut audio visual, maksudnya suatu alat
yang bisa memberikan informasi melalui gambar dan suara,
c) Sepecia
event. Suatu kegiatan atau media pertemuan langsung (face to face), misal : presentasi, diskusi
panel, seminar, pameran. dll.
d) Media
luar ruang. Media luar ruang
adalah suatu media komunikasi yang di sajikan di tempat umum senga kukuran yang
lebih besar misalnya sepanduk, papan reklame, benner, poster dll.
Adapun Menurut Oemi Abdurachman media
yang bisa di pakai dalam Pablic Relation adalah.[4]
a) Media
cetak adalah media yang penyampian
pesanya melalui tulis menulis misalnya Surat,Bultin, Majalah, dll.
b) Media Gambar
adalah penyajian pesan atau
informasi dengan bentuk gambar atau tayangan filem /slides.
Manfaat.
1. Terdapat kombinasi yang berfaidahbagi public
mereka dapat melihat gerak-gerakyang di gunakan mereka.
2. Menerik perhatian selama tayangan
3. Dapat memberikan keterangan dengan jelas
4. Berkesan
c) Televisi
dan Radio Media, Televisi penyajian
pesan dengan mengunakan tayangan sekaligus disertai dengan suara(audio visual),
sedangkan Radio hanya bisa didengar karena hanya mengunakan suara ini bisa
sebagai penerangan, pendidikan dan hiburan.
d)
Pameran.
Pengertian pameran adalah suatu
kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat
diapresiasi oleh masyarakat luas.[5]
Jenis-jenis Pameran:
Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
Pameran Keliling (Traveling Exhibition)
e)
Open hause.
Menurut arti dasar Open House berasal
dari dua kata, Open yang berarti membuka dan House yang berarti rumah, jadi
secara garis besar Open House dapat disebut sebagai silturahmi terbuka yang
digelar seseorang dengan masyarakat.
f)
Sandiwara/wayang.
Dengan ini
komunikator bisa menyampaikan pesan kepada public tentang keadaan masyarakat
dengan cara-cara humoris, kritis, sindiran dll.
C. Apa
peran media dalam Public Relation.
Pada dasarnya,
banyak pilihan saluran komunikasi atau media yang bisa dipakai perusahaan dalam
menyampaikan pesan. Dalam kajian komunikasi massa ada empat saluran komunikasi,
yaitu media antarpribadi, media kelompok, media massa, dan media publik.
Sebagai saluran komunikasi, media massa memiliki karakteristik tersendiri
dibandingkan media lainnya.
Lima karakteristik Media Massa.[6]
Lima karakteristik Media Massa.[6]
- Bersifat melembaga,
pihak yang mengelola media melibatkan banyak individu mulai dari
pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
- Bersifat satu arah.
- Jangkauan yang luas,
artinya media massa memiliki kemampuan untuk menghadapi jangkauan yang
lebih luas dan kecepatan daris egi waktu. Juga, bergerak secara luas dan
simultan di mana dalam waktu bersamaan informasi yang disebarkan dapat
diterima oleh banyak individu.
- Pesan yang
disampaikan dapat diserap oleh siapa saja tanpa membedakan faktor
demografi seperti jenis kelamin, usia, suku bangsa, dan bahkan tingkat
pendidikan.
- Dalam penyampaian
pesan media massa memakai peralatan teknis dan mekanis.
Secara umum penggunaan media dalam public relation
mempunyai peran sebagai berikut:[7]
a) Membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran
suatu produk dan jasa.
b) Menjalin komunikasi berkesinambungan.
c) Meningkatkan kepercayaan public.
d) Meningkatkan citra baik perusahan/organisasi.
Dengan
demikian, bisa dikatakan bahwa perusahaan mengunakan media massa sebagai medium
penyampai pesan dan pencitraan kepada publik. Semakin banyak akses yang didapat
publik dari media massa berkaitan dengan produk atau layanan yang diberikan
oleh perusahaan, maka diharapkan semakin besar tingkat kepercayaan publik.
KESIMPULAN
Dari
penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwasanya Media Publik Relation adalah
berbagai macam sarana penghubung yang di gunakan seorang public relation dengan
publicnya, yaitu public internal maupun ekternal untuk membantu pencapai
tujuan.
Adapun media
yang bisa di gunakan untuk mencapai tujuan suaru otrganisasi maupun perusahaan
adalah media cetak, media elektronik, sepecial
event dan media luar ruangan, dari bermacam jenis media yang bisa di gunakan
ini bisa di gunakan sesuai tempat kondisi dan keperluanya.
Fungsi media
relations adalah meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan kepercayaan publik,
meningkatkan point of selling, membantu perusahaan keluar dari komunikasi
krisis, dan meningkatkan relasi dari beragam publik."
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrachman,1990, Dasar-Dasar Publik Relation, Bandung: PT. Citra aditya bakti
Cangara, Hafied, 2003, Pengantar Ilmu
Komunikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Iriantara,Yosal 2005, Media
Relations; Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Bandung: Simbiosa Rekatama
Media
Rumanti, Maria Assumta, 2002, Dasar-Dasar Public Relation, Jakarta: Grafindo
http://www.galeri-nasional.or.id/Pameran.php
di akses pada 12 November 2011, 10:32 WIB
[2]. Iriantara, 2005, Media
Relations; Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Bandung: Simbiosa Rekatama
Media, hal 32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar