Jumat, 11 November 2011

PR

Pembahasan

A.  Pengertian Media Public Relation.
Sebelum membahas pengertian media publick Relation sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu media, Media merupakan bentuk jamak dari medium, dalam ilmu komunikasi media diartikan sebagai: saluran, sarana penghubung, alat-alat komunikasi.[1] Media merupakan saluran penyampaian pesan dalam komunikasi antarmanusia. Menurut McLuhan, media massa adalah perpanjangan alat indra kita.
Melalui media massa kita memperoleh informasi tentang benda, orang, atau tempat yang tidak kita alami secara langsung. Media massa bekerja untuk menyampaikan informasi. Untuk khalayak informasi itu dapat membentuk, mempertahankan atau mendefinisikan citra. Sedangkan media publik relation adalah berbagai macam sarana penghubung yang di gunakan seorang public relation dengan publicnya, yaitu public internal maupun ekternal untuk membantu pencapai tujuan.
Yosal Iriantara mengartikan Media Relations merupakan bagian dari Public Relations eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publik untuk mencapai tujuan organisasi.[2]
B.  Macam-macam media Public Relation.

Untuk mendukung mendukung kegiatan Public relation maka di butuhkan media, media yang bisa digunakan adalah:[3]
a)      Media cetak. Adalah suatu media yang penyajian pesanya tercetak, misalnya, hous jurnal, majalah, surat kabar (koran).
b)      Media elektronik, media elektronik seperti Audio (Radio) dan Audio Visual (Televisi).
a.    Radio.
Media komunikasi Radio atau yang biasa di sebut media Audio merupakan media utama informasi, hiburan dan pendidikan masa yang sangat populer. Selama 60 tahun lebih radio menduduki peran utama sebagai media komunikasi.
b.                Televisi.
Televisi merupakan suatu media komunikasi yang sering di sebut audio visual, maksudnya suatu alat yang bisa memberikan informasi melalui gambar dan suara,
c)      Sepecia event. Suatu kegiatan atau media pertemuan langsung (face to face), misal : presentasi, diskusi panel, seminar, pameran. dll.
d)     Media luar ruang. Media luar ruang adalah suatu media komunikasi yang di sajikan di tempat umum senga kukuran yang lebih besar misalnya sepanduk, papan reklame, benner, poster dll.

Adapun Menurut Oemi Abdurachman media yang bisa di pakai dalam Pablic Relation adalah.[4]
a)      Media cetak adalah media yang penyampian pesanya melalui tulis menulis misalnya Surat,Bultin, Majalah, dll.
b)      Media Gambar adalah penyajian pesan atau informasi dengan bentuk gambar atau tayangan filem /slides.
Manfaat.
1.      Terdapat kombinasi yang berfaidahbagi public mereka dapat melihat gerak-gerakyang di gunakan mereka.
2.      Menerik perhatian selama tayangan
3.      Dapat memberikan keterangan dengan jelas
4.      Berkesan
c)      Televisi dan Radio Media, Televisi penyajian pesan dengan mengunakan tayangan sekaligus disertai dengan suara(audio visual), sedangkan Radio hanya bisa didengar karena hanya mengunakan suara ini bisa sebagai penerangan, pendidikan dan hiburan.
d)     Pameran.
Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.[5]
Jenis-jenis Pameran:
Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
Pameran Keliling (Traveling Exhibition)

e)      Open hause.
Menurut arti dasar Open House berasal dari dua kata, Open yang berarti membuka dan House yang berarti rumah, jadi secara garis besar Open House dapat disebut sebagai silturahmi terbuka yang digelar seseorang dengan masyarakat.
f)       Sandiwara/wayang.
Dengan ini komunikator bisa menyampaikan pesan kepada public tentang keadaan masyarakat dengan cara-cara humoris, kritis, sindiran dll.

C.  Apa peran media dalam Public Relation.
Pada dasarnya, banyak pilihan saluran komunikasi atau media yang bisa dipakai perusahaan dalam menyampaikan pesan. Dalam kajian komunikasi massa ada empat saluran komunikasi, yaitu media antarpribadi, media kelompok, media massa, dan media publik. Sebagai saluran komunikasi, media massa memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan media lainnya.
Lima karakteristik Media Massa.[6]
  1. Bersifat melembaga, pihak yang mengelola media melibatkan banyak individu mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
  2. Bersifat satu arah.
  3. Jangkauan yang luas, artinya media massa memiliki kemampuan untuk menghadapi jangkauan yang lebih luas dan kecepatan daris egi waktu. Juga, bergerak secara luas dan simultan di mana dalam waktu bersamaan informasi yang disebarkan dapat diterima oleh banyak individu.
  4. Pesan yang disampaikan dapat diserap oleh siapa saja tanpa membedakan faktor demografi seperti jenis kelamin, usia, suku bangsa, dan bahkan tingkat pendidikan.
  5. Dalam penyampaian pesan media massa memakai peralatan teknis dan mekanis.
Secara umum penggunaan media dalam public relation mempunyai peran sebagai berikut:[7]
a)      Membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran suatu produk dan jasa.
b)      Menjalin komunikasi berkesinambungan.
c)      Meningkatkan kepercayaan public.
d)     Meningkatkan citra baik perusahan/organisasi.
Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa perusahaan mengunakan media massa sebagai medium penyampai pesan dan pencitraan kepada publik. Semakin banyak akses yang didapat publik dari media massa berkaitan dengan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan, maka diharapkan semakin besar tingkat kepercayaan publik.

KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwasanya Media Publik Relation adalah berbagai macam sarana penghubung yang di gunakan seorang public relation dengan publicnya, yaitu public internal maupun ekternal untuk membantu pencapai tujuan.
Adapun media yang bisa di gunakan untuk mencapai tujuan suaru otrganisasi maupun perusahaan adalah media cetak,  media elektronik, sepecial event dan media luar ruangan, dari bermacam jenis media yang bisa di gunakan ini bisa di gunakan sesuai tempat kondisi dan keperluanya.
Fungsi media relations adalah meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan kepercayaan publik, meningkatkan point of selling, membantu perusahaan keluar dari komunikasi krisis, dan meningkatkan relasi dari beragam publik."
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrachman,1990, Dasar-Dasar Publik Relation, Bandung: PT. Citra aditya bakti
Cangara, Hafied, 2003, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Iriantara,Yosal 2005, Media Relations; Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Rumanti, Maria Assumta, 2002, Dasar-Dasar Public Relation, Jakarta: Grafindo
http://www.galeri-nasional.or.id/Pameran.php di akses pada 12 November 2011, 10:32 WIB




[1] . Maria Assumta Rumanti, 2002, Dasar-Dasar Public Relation, Jakarta: Grafindo, hal 117
[2]. Iriantara, 2005, Media Relations; Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, hal 32
[3] . Maria Assumta Rumanti, Ibid,  hal 118
[4] . Abdurrachman,1990, Dasar-Dasar Publik Relation, Bandung: PT. Citra aditya bakti, Hal 102-104
[5]. http://www.galeri-nasional.or.id/Pameran.php
[6]. Cangara, 2003, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, Hal
134-135

[7] . Maria Assumta Rumanti, Ibid,  hal118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar