Selasa, 26 November 2013

CONTOH SKRIPSI BAB IV (ANALISIS ISI NILAI-NILAI DAKWAH DALAM MAJALAH)

BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
          Dari hasil analisis yang penulis lakukan pada Majalah Ukhuwah edisi 21, 22, dan 23 pada Rubrik Syiar yang diterbitkan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah dapat disimpulkan:
1.   Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap rubrik syiar Majalah Ukhuwah LPM Ukhuwah IAIN Raden Fatah Palembang pada edisi 21,22, dan 23 nilai dakwah yang ditemukan  yaitu nilai aqidah, syariah dan nilai akhlak.
2.   Adapun nilai-nilai dakwah yang dapat diketahui pada rubrik syiar Majalah Ukhuwah edisi 21 sebanyak 8 paragraf , nilai Akhlak  6 paragraf selanjutnya nilai Syariah 1 paragraf dan nilai Akidah 1 paragraf. Edisi 22 terdapat 13 paragraf, nilai Akhlak  1 paragraf selanjutnya nilai Syariah 10  paragraf dan nilai Akidah 2 paragraf. Sedangkan  edisi 23 terdapat 6 paragraf, nilai Akhlak  1 paragraf selanjutnya nilai Syariah 4 paragraf dan nilai Akidah 1 paragraf. Jadi berdasarkan hasil analisis nilai dakwah yang mendominasi dalam rubrik syiar Majalah Ukhuwah edisi 21,22, dan 23 adalah nilai Syariah yaitu mengenai ibadah dan muamalah.
3.   Esensi dakwah yang terkandung dalam rubrik Syiar pada Majalah Ukhuwah terbagi menjadi tiga yaitu nilai Akidah  Indikasi nilai akidah  karena dalam kalimatnya memberikan informasi pembaca untuk selalu  beriman kepada Allah SWT, Malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, Rosul-rosul Allah, dan Iman kepada qada dan qadar. Syariah Indikasi karena didalamnya  memberikan pandangan mengenai peraturan-peraturan yang diciptakan Allah. Dan yang terahir  nilai Akhlaq indikasi karena dalam kalimatnya memberikan informasi yang memberikan pandangan agar menjaga hubungan dengan al- khalik dan makhluq (manusia dan non manusia).
B.     Saran
Setelah penulis menyelesaikan penelitian ini, penulis akan memberikan saran antara lain:
a.       Untuk praktisis dakwah (da`i) hendaknya memaksimalkan media cetak  untuk sarana berdakwah. Karena saat ini media cetak sangat efektif dan efisien untuk menyampaikan nilai-nilai dakwah.
b.      Untuk UKMK LPM Ukhuwah seharusnya  Majalah Ukhuwah tidak hanya diterbitkan dalam satu tahun sekali  dan  rubrik syiar hendaknya  diberikan ruang yang lebih banyak agar nilai dakwah yang disampaikan lebih maksimal.
c.       Untuk pembaca Majalah Ukhuwah, khususnya rubrik syiar agar dapat mengkeritisi isi rubrik ini agar menjadi lebih baik  agar  kita semua menjadi umat yang lebih baik di mata Allah SWT.
d.      Untuk Fakultas Dakwah dan Komunikasi, hendaknya mengunakan media cetak seperti majalah, bulletin atau tabloid untuk menyebarkan nilai-nilai dakwah kepada mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar