Kamis, 07 November 2013

"Tujuh Gunung Tertinggi Dunia”

Tujuh gunung tertinggi itu berdiri di berbagai belahan bumi. Salah satunya berada di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Mount Everest, Nepal
Ketinggian: 8.850 meter

Terletak menjulang di deretan Pegunungan Himalaya, puncak Everest dapat didaki melalui dua jalur, yakni jalur tenggara dari Nepal dan barat laut dari Tibet. Everest menggoda banyak pendaki, mulai dari profesional atau bahkan mereka yang amatir. Tantangan yang paling berarti: cuaca tak stabil, angin kencang, dan longsoran salju. 

2. Aconcagua, Argentina
Ketinggian: 6.961 meter

Gunung ini sering diremehkan karena jalur pendakiannya terbilang mudah. Tak membutuhkan tali, bahkan jarang yang membawa tambahan oksigen. Tapi, kemudahan tersebut kadang disertai dengan angin dan cuaca yang ekstrem, hingga banyak korban direnggutnya. Letaknya di Pegunungan Andes, Argentina, menyentuh garis batas negara Chili.

3. Mount McKinley, Amerika Serikat
Ketinggian: 6.194 meter

Lebih dikenal dengan nama Denali, gunung ini terletak di pedalaman negara bagian Alaska. Denali terdiri atas granit yang dihasilkan dari tekanan tektonik Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara. Dari atas udara, gunung ini sangat istimewa, dikelilingi oleh banyak gunung kecil dan gletser. 

4. Kilimanjaro, Tanzania
Ketinggian: 5.895 meter

Dari tujuh gunung tertinggi di dunia, Kilimanjaro adalah yang terdekat dari khatulistiwa. Ini adalah gunung aktif yang dimiliki negara Tanzania, berbatasan tepat dengan negara Kenya. Bagi para pendaki, disarankan untuk melakukan penelitian dahulu dan menyiapkan fisik yang matang. Meskipun tak semenantang Everest, Kilimanjaro memiliki angin kencang, yang membuat perjalanan sulit dan berbahaya.

5. Mount Elbrus, Russia
Ketinggian:5.642 meter

Elbrus membentang pada Pegunungan Kauskasus, antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Puncaknya begitu megah menghiasi dataran hijau di Russia. Pendakian salju adalah rintangannya, sehingga saat musim panas, pendaki berbondong-bondong mencapai puncak. Pendakian salju hanya dihadapi bagi mereka yang sangat berpengalaman.

6. Mount Vinson, Antartika
Ketinggian: 4.892 meter

Berbeda dengan gunung lain di benua berpenghuni, Gunung Vinson menyendiri di kawasan Antartika. Lokasi di mana tak satu pun makhluk hidup yang tinggal. Kutub ini sangat dingin dikelilingi es, bahkan luas es melebihi luas daratan. Gunung Vinson gelap tanpa cahaya Matahari selama enam bulan musim dingin. Kawasan ini baru terlihat terang ketika musim panas.

7. Puncak Jaya, Indonesia
Ketinggian: 4.884 meter

Tubuh pegunungan Puncak Jaya bebas dari es, namun puncaknya dipenuhi gletser yang berfluktuasi secara berkala. Ini adalah satu-satunya tempat untuk melihat salju di Indonesia. Dari ketujuh gunung, Puncak Jaya memiliki rute tersulit. Medannya terdiri atas batu-batuan keras yang tak dapat diakses oleh masyakarat umum. Para pendaki harus singgah dahulu di kota Timika, Papua, sebelum menuju Puncak Jaya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar